Vaksin Covid – 19 Untuk Anak Mulai Berlaku, Ini Rekomendasi IDAI

Vaksin Covid – 19 tadinya hanya digunakan bagi orang yang berusia di atas 18 tahun saja. Tetapi, semenjak dimulainya sekolah tatap muka, Ikatan Dokter Anak Indonesia pun memberikan beberapa rekomendasi untuk pembaruan mengenai Vaksinasi Covid – 19 atau Coronavac bagi anak dengan umur 6 tahun ke atas.

Menurut Ketua Umum dari Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia atau IDAI bernama Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K), rekomendasi terbaru ini dikeluarkan dikarenakan anak juga bisa terpapar atau juga bisa menularkan virus Covid dari serta kepada orang dewasa yang ada di sekitar mereka walaupun tanpa gejala.

Itulah kenapa sangat penting untuk mengontrol terus menerus mengenai penularan serta transmisi Covid – 19 yang ada di Indonesia.

Selain itu, beberapa laporan yang berasal dari hasil pembelajaran cara menang slot online secara tatap muka di beberapa negara di dunia juga memberikan pernyataan bahwa ada peningkatan kasus rawat inap pasien anak dengan Covid – 19.

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia memberikan rekomendasi terbarunya ini dimana anak juga bisa terpapar maupun memaparkan virus Covid.

Sementara, Data Satuan Tugas Covid – 19 Nasional per 1 November 2021 mengenai proporsi kasus anak terinfeksi Covid – 19 sebesar 13%.

Melihat fenomena itu, IDAI lalu memberi rekomendasi mengenai pemberian imuniasai Covid – 19 Coronavac untuk anak dengan rentang usia 6 tahun ke atas.

Pemberian vaksin ini diberikan dengan intramuscular dengan dosis 3ug (0,5 ml) sebanyak dua kali pemberian dengan adanya jarak dosis pertama ke dosis kedua yaitu 4 minggu.

IDAI juga memberi peringatan jika Vaksinasi ini tak direkomendasikan untuk anak dengan atau mempunyai beberapa kontradiksi.

Kontradiksi tersebut seperti penyakit autoimun yang tak terkontrol, anak kanker yang menjalani kemoterapi atau radioterapi, defisiensi imun primer, dan lain – lain.

Lalu, anak yang sedang mendapat pengibatan imunosupresan atau sitostatika berat dan mengalami Demam 37,0 derajat celcius lebih juga tak disarankan untuk diberikan imunisasi itu.

Anak yang baru sembuh dari Covid – 19 kurang dari 3 bulan juga sama tidak disarankan mendapatkan imunisasi.